DAERAH  

NHM dan DLH Malut Sukses Tanam 600 Bibit Mangrove di Kao

NHM dan DLH Malut suskses tanam 600 bibit mangrove di Kao. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, TOBELO – PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) bersama Dinas Lingkungan hidup (DLH) Provinsi Maluku Utara sukses melakukan penanaman ratusan bibit mangrove di Desa Kao, Kecamatan Kao, Kabupaten Halmahera Utara.

Penanaman 600 bibit mangrove yang berlangsung pada Minggu (4/6) tersebut diikuti Wakil Direktur Operasi/Kepala Teknik Tambang (KTT) NHM Rado Lawolo dan Kepala DLH Malut Fachruddin Tukuboya, Camat Kao Leomena Aralaha bersama Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika). Selain itu, diikuti perwakilan DLH Halut, karyawan NHM, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan pula penandatanganan prasasti peresmian Pencanangan Pengembangan Ekowisata Mangrove oleh KTT NHM dan Kepala DLH Malut. Aksi ini sebagai bagian dari agenda acara peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) sedunia tahun 2023 se-Maluku Utara yang dipusatkan di Tambang Emas Gosowong yang dikelola NHM.

Fachruddin mengatakan, penanaman mangrove merupakan aksi nyata Provinsi Malut dalam menjaga keseimbangan lingkungan, dan berharap mangrove yang telah ditanam dapat dipelihara bersama-sama agar tumbuh subur dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, selain keseimbangan alam.

“NHM harus memperluas penanaman mangrove ini ke area lainnya di Halmahera Utara,” katanya.

Sementara Camat Kao, Leomena Aralaha, merasa bersyukur lantaraan kecamatan wilayahnya ditunjuk sebagai lokasi penanaman mangrove.

“Aksi ini akan bermanfaat dalam jangka waktu yang lama, bahkan jika NHM sudah tidak menambang lagi, akan ada kenangan baik untuk lingkungan di masa depan,” tuturnya.

Sementara Rado Lawolo menambahkan, penanaman mangrove tersebut merupakan bagian dari implementasi kaidah penambangan yang baik yang dipegang NHM dalam seluruh aspek operasional penambangan yang dilakukan di Halut.

“Manajemen NHM memastikan aksi ini tidak berhenti di penanaman ini saja, tetapi ada pemantauan dan pelaporan secara berkala mengenai perkembangan mangrove yang telah ditanam tersebut,” ujarnya.

Sehari sebelumnya, kata Rado, NHM juga mengadakan aktivitas dalam rangka peringatan HLH sedunia dengan menyelenggarakan Edukasi Lingkungan di Gedung Serba Guna di dalam kawasan Tambang Gosowong yang dihadiri oleh para guru dan pelajar dari berbagai sekolah di lingkar tambang NHM.

Hadir pada puncak acara peringatan HLH NHM yang berlangsung pada Senin, (5/6)  di lapangan sepak bola NHM Gosowong, yakni Gubernur Malut Abdul Ghani Kasuba, Bupati Halut Frans Manery, Sekretaris Daerah Malut Samsuddin A Kadir, para Kepala Teknik Tambang beberapa perusahaan tambang di Malut serta perwakilan sejumlah perusahaan di Malut. (fnc/tan)

Respon (3)

Komentar ditutup.