Jalan Panjang Pembayaran TPP Nakes, Pemprov Malut Masih Tunggu Audit BPK

Aksi bakar lilin yang digelar ratusan Nakes RSUD Chasan Boesorie di depan kantor perwakilan Pemprov Malut di Ternate beberapa waktu lalu. (Karno/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Pernyataan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba terkait tunggakan tambahan penghasilan pegawai (TPP) 15 tenaga kesehatan RSUD Chasan Boesorie yang akan dibayarkan tiga bulan duluan tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Padahal, pernyataan Gubernur dalam pertemuan dengan pimpinan DPRD Malut di Sahid Hotel belum lama ini seolah menegaskan Pemprov Malut akan membayar tunggakan TPP tersebut secara perlahan dan akan dibayar mulai Februari ini.

Di mana Pemprov Malut akan menggunakan anggaran yang tersedia di Dinas Kesehatan sebesar Rp 5 miliar. Namun, hal ini rupanya harus menunggu waktu lama. Sebab, pembayaran TPP itu akan dilakukan, jika Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Malut telah selesai melakukan audit.

Ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Malut, Idhar Sidi Umar kepada Nuansa Media Grup (NMG), Jumat (31/1) lalu. Ia mengungkapkan, sejauh ini pihaknya belum bisa melakukan pembayaran TPP, karena masih menunggu hasil audit investigasi dari BPK.

“Belum, nanti mereka (BPK) audit dulu. Sudah jangan tanya itu, tanya saja ke Ahmad Purbaya di keuangan. Jangan tanya saya,” ujarnya.

Idhar menegaskan, pembayaran utang TPP bukan haknya Dinkes. Meski demikian, ia mengaku ada porsi anggaran yang diperuntukkan untuk bayar TPP, hanya saja harus disertai dengan dokumen-dokumennya.

“Pembayaran tergantung saja audit investigatif selesai, nanti mereka hitung. Nanti Pak Sekda perintah, saya bisa bayar. Karena itu bayar utang dan saya tidak punya hak menyatakan bayar utang. Sekarang belum ada perintah, pada prinsipnya sudah ada keputusan. Uangnya ada. Kalau untuk membayar itu harus ada dokumen yang dibuat, karena yang melekat itu bukan bayar utang,” pungkasnya. (ano/ask)

Respon (14)

  1. Ping-balik: More Bonuses
  2. Ping-balik: black gelato
  3. You could definitely see your expertise in the work you write. The world hopes for even more passionate writers like you who aren’t afraid to say how they believe. Always go after your heart.

  4. I have been browsing online greater than 3 hours these
    days, but I never discovered any attention-grabbing article like yours.

    It’s beautiful price sufficient for me. Personally, if all web owners and
    bloggers made just right content material as you probably did,
    the internet shall be a lot more useful than ever before.

  5. I¦ve been exploring for a bit for any high-quality articles or weblog posts in this sort of area . Exploring in Yahoo I finally stumbled upon this web site. Studying this info So i am glad to exhibit that I have an incredibly just right uncanny feeling I came upon exactly what I needed. I so much undoubtedly will make sure to do not put out of your mind this site and give it a glance regularly.

  6. naturally like your web site however you need to take a look at the spelling on several of your posts. A number of them are rife with spelling problems and I find it very bothersome to tell the truth on the other hand I will surely come again again.

Komentar ditutup.