MAJANG  

Program BSPS Tiga Kecamatan di Ternate Masih Terkendala DAU

Kepala Disperkim Kota Ternate, M. Syafei. (Udi/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk tiga kecamatan di wilayah Ternate masih terkendala dana alokasi umum (DAU).

Ketiga kecamatan tersebut meliputi Kecamatan Pulau Ternate di Kelurahan Jambula, Kecamatan Pulau Moti di Kelurahan Tafaga dan Kecamatan Pulau Hiri di Kelurahan Togolobe.

Informasi yang diterima Nuansa Media Grup (NMG), bahwa warga penerima bantuan tersebut sementara ini harus rela menggunakan anggaran sendiri. Ini karena proses pencairan anggaran dari Pemkot Ternate sangat lamban.

Kepala Disperkim Kota Ternate, M. Syafei saat dikonfirmasi mengaku, dana alokasi khusus (DAK) tahap I sudah dicairkan. Namun realisasi DAU saat ini belum dicairkan, sehingga progres pelaksanaan kegiatan di lapangan juga terhambat.

Sedangkan pencairan DAK tahap III mesti berdasarkan laporan tahap II yang harus rampung. Padahal, untuk pencairan DAK tahap II sebelumya juga sudah ada kompensasi.

“Jadi untuk program ini saling mendukung. Setiap satu unit rumah ada komponen DAU dan DAK yang saling menunjang baru bisa selesai. Kalau realisasi DAU terhambat, tentunya berpengaruh pada pencairan DAK selanjutnya,” katanya kepada Nuansa Media Grup (NMG), Sabtu (10/1).

Menurutnya, akibat dari keterlambatan proses pencairan DAU ini, para penerima bantuan perumahan juga terpaksa menggunakan anggaran pribadi.

“Setelah anggaran ini cair baru diganti. Sambil menunggu anggaran ini cair, mereka sudah menggunakan anggaran pribadi. Misalnya untuk pekerjaan penutup atap dan lain-lain,” tuturnya.

“Kami sudah menyampaikan usulan pencairan anggaran. Kalau terlalu lama, para penerima bantuan juga terpaksa menggunakan anggaran untuk beli yang lain, dan itu agak terganggu,” sambungnya mengakhiri. (udi/tan)

Respon (11)

  1. Ping-balik: upx1688
  2. You have observed very interesting details! ps nice website . “There is no vice so simple but assumes some mark of virtue on his outward parts.” by Mary Bertone.

  3. Enjoyed looking through this, very good stuff, thanks. “Hereafter, in a better world than this, I shall desire more love and knowledge of you.” by William Shakespeare.

  4. Ping-balik: Lumina
  5. Hi just wanted to give you a brief heads up and let you know a few of the pictures aren’t loading properly. I’m not sure why but I think its a linking issue. I’ve tried it in two different web browsers and both show the same results.

Komentar ditutup.