MAJANG  

Lanal dan Unsur Maritim Laksanakan Upacara HUT ke-77 RI di Bawah Laut

Suasana penyerahan bendahara upacara yang dilaksanakan di bawah laut. (Aksal/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) Ternate bersama unsur Maritim melaksanakan upacara pengibaran merah putih di bawah laut dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI. Upacara bawah laut tersebut digelar di Taman Pantai Falajawa dengan melibatkan 77 orang penyelam.

Komandan Lanal (Danlanal) Ternate, Letnan Kolonel (Letkol) Marinir, Ridwan Aziz
menuturkan, pada saat upacara, angin dan arus cukup kencang, tetapi karena terlatih maupun punya semangat yang luar biasa walaupun ada sedikit kendala, upacara ini tetap berjalan lancar.

“Kedalamannya pas surut 12 meter, kalau pas pasang itu kurang lebih 13 sampai 14 meter,” ujarnya usai upacara sang saka merah putih di bawah laut, Rabu (17/8).

Bahkan, kata dia, pada saat upacara tadi ada anak-anak masih di bawah umur juga dilibatkan karena ini merupakan bibit-bibit renang Lanal Ternate.

“Itu semua anak-anak Tentara (TNI). Kedepan ibu dan bapak yang punya anak yang mau dibina langsung oleh Angkatan Laut ayo. Kita sengaja tampilkan itu supaya menjadi inspirasi bagi anak-anak muda,” tuturnya.

Menurutnya, jika sudah termotivasi bisa bergabung dan melaksanakan pelatihan, maka paling utama akan dibekali terlebih dahulu dengan berenang. Artinya, upacara di bawah laut ini membangun kejayaan Maritim untuk Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat.

“Maknannya seperti itu, ini mengingatkan kita bahwa tolong kita jaga lautan, biota laut dan terumbu karang. Untuk itu, jangan buang sampah sembarangan di laut. Laut itu bukan tempat sampah, tempat sampah itu di darat,” tandasnya.

Sekadar diketahui, komunitas yang terlibat upacara di bawah laut Taman Pantai Falajawa yakni, Lanal Ternate, TNI AD, Basarnas, Podsi, DKP, Bea Cukai, Brimob dan Polairud Polda Malut. (gon/tan)

Respon (15)

  1. Ping-balik: browning auto 5
  2. Very nice post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I’ve really enjoyed browsing your blog posts.

    After all I will be subscribing to your rss feed and I
    hope you write again very soon!

  3. Hi there just wanted to give you a quick heads up. The words in your content
    seem to be running off the screen in Internet explorer.

    I’m not sure if this is a formatting issue or something to do with internet browser
    compatibility but I figured I’d post to let you know. The style and design look great
    though! Hope you get the issue fixed soon. Many thanks

  4. Nice post. I was checking continuously this blog and I’m impressed! Extremely useful info particularly the last part šŸ™‚ I care for such info a lot. I was seeking this certain information for a long time. Thank you and good luck.

  5. Ping-balik: website
  6. Fantastic website. A lot of useful info here. I am sending it to several pals ans also sharing in delicious. And obviously, thank you for your effort!

Komentar ditutup.