Pemda di Maluku Utara Dukung Mahasiswa Tolak Kenaikan BBM

Aksi yang berlangaung di depan Kantor Wali Kota Ternate. (Udi/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Sejumlah pemerintah daerah di Maluku Utara menyatakan menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Ini menyusul aksi demonstrasi yang dilakukan ribuan mahasiswa secara serentak, Senin (11/4) tadi.

Pemerintah Kota Ternate lewat Sekretaris Daerah, Jusuf Sunya, saat menemui massa aksi menyatakan menolak kenaikan BBM yang dinaikkan oleh pemerintah pusat.

Ia berjanji bahwa tuntutan yang disampaikan mahasiswa akan dilanjutkan ke pemerintah pusat.

“Karena kenaikan BBM ini kebijakan pemerintah pusat, maka kita akan samapikan ke pusat,” ujarnya saat menemui massa aksi dari Mahasiswa UMMU Menggugat.

Sekda Halbar saat menemui massa aksi. (Haryadi/NMG)

Mewakili Pekot Ternate, Jusuf menegaskan bahwa pihaknya dengan tegas menolak kenaikan harga BBM yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Ia mengaku, Pemkot Ternate juga akan menindak tegas pengecer yang bermain harga BBM.

Di Halmahera Barat, Sekda Syahril Abdul Rajak saat hearing dengan massa aksi menyatakan mendukung aksi mahasiswa terkait kenaikan harga BBM ini.

Pihaknya berterima kasih kepada mahasiswa yang telah menyuarakan kepentingan bersama. Ia menyebut akibat dari kenaikan BBM ini dapat berpengaruh di segala lini kehidupan.

“Tidak mungkin adanya kenaikan BBM kalau barang lain juga tidak ikut naik. Jadi kami sangat mendukung aksi dilakukan hari ini. Demi siapa tuntutan ini, ya demi kita semua. Ini adalah bagian dari suara hati nurani rakyat. Jangan biarkan harga BBM ditetapkan sepihak, harus mengikuti yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat,” tegasnya.

Di Halmahera Utara juga demikian. Sekda Halut, Erasmus J. Papilaya saat menemui massa aksi menyampaikan bahwa aksi yang dilakukan adalah pukulan bagi Pemda Halut. Meski isu yang di bawa merupakan isu nasional, namun harus disikapi oleh Pemda.

Sekda Halut saat menemui massa aksi. (Sefnat/NMG)

“Aksi ini adalah pukulan bagi kami Pemda untuk menyikapi dua persoalan, yakni kenaikan harga sembako dan BBM. Meski ini adalah isu nasional, namun kita harus mengambil kebijakan di daerah untuk masyarakat,” ucap Sekda.

Ia berjanji akan memanggil pihak Dinas Perindag dan Dinas Perhubungan untuk mengawal tuntutan masa aksi. Pihaknya juga akan mendeteksi di setiap SPBU di Halut, agar tidak ada lagi persekongkolan antara pengecer dan petugas SPBU.

Sementara itu, demo tolak kenaikan BBM di Kepulauan Sula berlangsung di sejumlah titik, termasuk di SPBU Sanana.

Selain membawa isu tolak kenaikan BBM dan sembako, massa aksi juga mendesak Polres agar mengusut tuntas mafia minyak tanah.

Aksi di SPBU Sanana, Kepulauan Sula. (Isrudin/NMG)

Hal yang sama juga dilakukan ratusan massa aksi di Halmahera Selatan. Aksi yang dipusatkan di Kantor Bupati Halsel, DPRD Halsel, dan Halaman Kantor Dishub Halsel itu membawa tuntutan yang sama.

Massa aksi mendesak DPRD Halsel mengeluarkan sebuah rekomendasi kepada Pemda Halsel terkait kenaikan BBM dan sembako.

Menanggapu hal itu, Ketua DPRD Halsel Muhlis Jafar berjanji akan mengupayakan koordinasi dengan Bupati Usman Sidik untuk persoalan harga BBM.

Massa aksi saat menggelar aksi di DPRD Halsel. (Amrul/NMG)

“Kami di DPRD bersama Bupati dan SKPD sudah bertemu dan membahas persoalan harga BBM. Jadi nanti kami akan tetap berkoordinasi untuk secepatnya menertibkan harga BBM yang naik lebih dari harga yang sebenarnya,” janjinya. (tim/ask)

Respon (12)

  1. Thanks for sharing excellent informations. Your site is so cool. I am impressed by the details that you’ve on this blog. It reveals how nicely you perceive this subject. Bookmarked this web page, will come back for more articles. You, my friend, ROCK! I found simply the information I already searched all over the place and just could not come across. What a perfect website.

  2. Hiya very nice site!! Guy .. Beautiful .. Wonderful .. I’ll bookmark your blog and take the feeds additionally…I’m glad to find numerous helpful info here in the post, we need work out extra techniques in this regard, thanks for sharing. . . . . .

  3. I was more than happy to find this net-site.I wanted to thanks in your time for this wonderful read!! I definitely enjoying each little bit of it and I have you bookmarked to take a look at new stuff you weblog post.

  4. Hi there! I know this is kinda off topic but I
    was wondering which blog platform are you using for this site?
    I’m getting fed up of WordPress because I’ve had problems with hackers and I’m looking
    at alternatives for another platform. I would be awesome if you could point me in the direction of a
    good platform.

  5. you’re actually a excellent webmaster. The website loading velocity is amazing. It seems that you’re doing any distinctive trick. Moreover, The contents are masterwork. you have performed a fantastic task in this matter!

  6. What¦s Taking place i’m new to this, I stumbled upon this I’ve discovered It positively helpful and it has aided me out loads. I’m hoping to give a contribution & help different customers like its aided me. Good job.

  7. I’m not that much of a internet reader to be honest but your blogs really nice, keep it up! I’ll go ahead and bookmark your website to come back in the future. Cheers

Komentar ditutup.