DAERAH  

Anggaran Penyertaan Modal PDAM Halbar Digeser, Program Air Minum di 4 Kecamatan Dipending

Kantor PDAM Halbar. (Haryadi/NMG)

PENAMALUT.COM, JAILOLO – PDAM Jailolo pada tahun 2022 ini mendapat anggaran penyertaan modal dari Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat senilai 4 miliar.

Anggaran tersebut nantinya digunakan untuk program hibah air minum perkotaan di empat kecamatan di Halbar. Sayangnya, sampai saat ini anggaran tersebut tidak tertera dalam daftar isian pelaksana anggaran (DIPA) induk anggaran tahun 2022.

Direktur PDAM Jailolo, Robert Faldy saat dikonfirmasi di ruang kerjanya Selasa (12/4) tadi menjelaskan, berdasarkan surat keputusan dan komitmen Pemda bahwa selama tiga tahun berturut-turut diharuskan ada peyertaan modal terhadap PDAM terkait dengan hibah air minum perkotaan.

Untuk peyertaan modal ke PDAM di dua tahun kemarin sebayak 3 miliar, dan pada tahun 2022 ini sebesar 4 miliar. Namun, kata Robert, pihaknya setelah berkordinasi dengan Badan Keuangan, ternyata anggaran tersebut digeser.

“Jadi ada yang terlupakan. Maksudnya dalam DIPA kalau mendahului itu harus tercantum, namun setelah kami koordinasi ternyata di DIPA induk itu belum ada untuk tahun ini. Setelah kami komunikasi dengan beberapa pihak, dijanjikan nanti ada di pergeseran anggaran,” tuturnya.

Digesernya anggaran tersebut, lanjut Robert, membuat program hibah air minum perkotaan khususnya di Kecamatan Sahu, Sahu Timur, Jailolo dan Jailolo selatan masih tertunda.

Padahal, pihaknya sudah menjanjikan program hibah air minum ini kepada masyarakat sejak Maret kemarin. Bahkan sudah dilakukan survei dan  tahapannya sudah dilkukan.

“Tapi karena belum ada anggaran di dalam RKA kabupaten yang mana DIPA anggaran tahun ini tidak tercantum, sehingga kami belum bisa bergerak jauh. Kami juga belum menerima adanya NPHD atau surat perjanjian dari kementerian dengan Bupati. Sampai sekarang suratnya juga belum di kirim ke kami,” pungkasnya. (kam/ask)

Respon (11)

  1. Ping-balik: Cartel 3g disposable
  2. Ping-balik: Kaws rock
  3. Ping-balik: browning auto 5
  4. Ping-balik: finnish id card
  5. I just like the helpful information you supply on your articles.
    I’ll bookmark your blog and check once more right here regularly.
    I’m moderately certain I will be informed many new stuff right right
    here! Best of luck for the following!

  6. I’ll immediately take hold of your rss as I can’t in finding your e-mail subscription hyperlink or e-newsletter service. Do you’ve any? Please permit me understand in order that I may subscribe. Thanks.

  7. An interesting discussion is worth comment. I think that you should write more on this topic, it might not be a taboo subject but generally people are not enough to speak on such topics. To the next. Cheers

  8. I was just searching for this information for a while. After 6 hours of continuous Googleing, finally I got it in your web site. I wonder what is the lack of Google strategy that do not rank this kind of informative web sites in top of the list. Usually the top sites are full of garbage.

Komentar ditutup.