DAERAH  

Angka Pencaker di Halut Meningkat, Disnakertrans Minta Perusahaan Prioritaskan Karyawan Lokal

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Wilayah Kerja Disnakertrans Halut, Wahyudi Ismail. (Chido/NMG)

PENAMALUT.COM, TOBELO – Angka pencari kerja (Pencaker) di Halmahera Utara dalam tiga bulan terakhir meningkat.

Berdasarkan data yang diterima dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Halut, angka pencaker ini mencapai 1.150 orang. Ini terlihat berdasarkam pembuatan AK1 atau kartu kuning.

Angka pencaker pada tahun 2022 ini diprediksi meningkat dari tahun 2021. Di mana pada tahun 2021 sebanyak 4.165 pencari kerja. Sementara pada tahun 2022 ini bisa mencapai 5 ribuan.

“Saat ini peluang kerja terbuka lebar, terutama di sektor pertambangan yang membutuhkan banyak karyawan,” Kata Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Wilayah Kerja Disnakertrans Halut, Wahyudi Ismail kepada wartawan, Rabu (23/3).

Ia bilang, saat ini PT. Nusa Halmahera Mineral (NHM) lebih kebutuhan karyawan pada skill tertentu. Kemudian PT. Natural Indococonut Organic (Nico) di Desa Kupa-kupa Tobelo Selatan yang sedang persiapan untuk merekrut karyawan.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan perusahaan untuk perekrutan karyawan, agar lebih diutamakan karyawan lokal sebesar 70 persen, dan itu sudah termasuk skiil dan non skiil. Sementara sisa 30 persennya dari perusahaan.

Selain tambang, menurut Wahyudi, minat pencari kerja ini beragam sesuai dengan apa yang mereka kuasai dari jurusan sewaktu kuliah.

“Kita di dinas hanya membantu menyiapkan AK1 untuk membantu pencari kerja, tidak lebih dari itu. Dan kalau ada informasi lowomgan kerja, kita sampaikan lewat media sosial,” terangnya. (fnc)

Respon (20)

  1. Unquestionably believe that which you stated. Your favorite reason appeared to be on the internet the simplest thing to be aware of. I say to you, I certainly get annoyed while people consider worries that they just do not know about. You managed to hit the nail upon the top and defined out the whole thing without having side-effects , people can take a signal. Will probably be back to get more. Thanks

  2. Ping-balik: spin238
  3. While borrower continues reducing his obligation through periodical repayments, credit history automatically improves.
    If the university has fine arts related programs, this will be an added advantage.
    These loans offer a bigger loan amount in the range of.

  4. I think this is among the most important information for me.
    And i am glad reading your article. But should remark on some general
    things, The web site style is wonderful, the articles is really great :
    D. Good job, cheers

  5. Howdy would you mind sharing which blog platform you’re working with?
    I’m going to start my own blog in the near future but
    I’m having a difficult time selecting between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal.
    The reason I ask is because your design and style seems
    different then most blogs and I’m looking for something completely unique.
    P.S My apologies for getting off-topic but I had to ask!

  6. Ping-balik: 다시보기
  7. My brother suggested I might like this website. He was totally right. This post truly made my day. You cann’t imagine just how much time I had spent for this information! Thanks!

  8. Ping-balik: weed delivery Toronto
  9. My brother recommended I might like this blog. He was totally right. This post truly made my day. You can not imagine simply how much time I had spent for this information! Thanks!

Komentar ditutup.