Kabar Gembira, BOS SD dan SMP di Sula Segera Cair

Kepala Dinas Pendidikan Sula, Rifai Haitami. (Isrudin/NMG)

PENAMALUT.COM, SANANA – Bantuaan Operasaional Sekolah (BOS) Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Kepulauan Sula segera dicairkan.

Kapala Dinas Pendidikan Kepulauan Sula, Rifai Haitami menjelaskan, dana BOS tahap I tahun 2022 ini belum dicairkan, karena bertepatan dengan pergantian kepala sekolah SD dan SMP secara serentak di Kepulauan Sula kemarin.

“Tapi untuk dana Bos tahap I 2022 ini dalam tahapan proses, mungkin minggu depan sudah bisa direalisasikan ke sekolah masing,” jelas Rifai kepada wartawan, Rabu (9/3) tadi.

Rifai juga menegaskan kepada kapala sekolah yang baru dilantik agar setelah pencairan dana BOS, segera membayar gaji guru honorer di sekolahnya masing-masing, dan membayar utang di bulan Januari sampai Maret.

Sementara dana BOS tahun 2021 Tahap III, kata Rifai, hanya ada satu sekolah yang belum dicairkan, yakni SD Negeri 2 Falabisahaya yang masih mengendap di nomor rekening sekolah.

Rifai bilang, pergantian kepala kemarin terdapat 103 untuk SD dan 52 SMP. Dari sekolah tersebut terdapat beberapa sekolah swasta yang kepala sekolahnya di SK-kan oleh pihak yayasan. Sementara untuk sekolah negeri melalui SK Bupati Sula.

Pihaknya juga telah memberikan program 20 hari kerja kepada kepala sekolah yang baru untuk melakukan serah terima dengan Kepsek yang lama dan selanjutnya memperbaiki sistem pendidikan yang ada di masing-masing sekolah, serta diwajibkan untuk melapor kekurangan guru yang ada di sekolah.

Ia juga menekankan dalam waktu dekat ini akan melakukan monitoring di sekolah-sekolah, apabila ada sekolah yang mengelami penumpukan guru akan dipindahkan ke sekolah yang kekurangan gurunya.

“Terkait dengan guru sertifikasi yang sempat menjadi polemik lantaran ada dua orang guru yang sama dalam satu bidang studi, maka dari kami akan pindahkan satu orang ke sekolah yang lain agar tidak mengganggu jam belajarnya,” jelasnya. (ish/ask)

Respon (6)

  1. Youre so cool! I dont suppose Ive read something like this before. So nice to search out any individual with some authentic thoughts on this subject. realy thanks for beginning this up. this website is one thing that’s wanted on the net, someone with just a little originality. useful job for bringing something new to the internet!

  2. Ping-balik: 토렌트

Komentar ditutup.