Lepas Mahasiswa KKN, Rektor IAIN Minta Setiap Jumat Mahasiswa Harus Jadi Khatib

Suasana pelepasan mahasiswa KKN IAIN Ternate. (Tanwin/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Sebanyak 620 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate angkatan VII dilepas secara resmi oleh Rektor untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sejumlah kabupaten/kota di Maluku Utara.

Acara pelepasan tersebut digelar di Auditorium IAIN Ternate, Kamis (24/2).

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Ternate, Dr. Radjiman Ismail meminta mahasiswa KKN harus banyak berkoordinasi dengan masyarakat dan kehadirannya harus memberikan kontribusi serta menjadi teladan.

“Apalagi di tengah momentum penerimaan mahasiswa baru, mahasiswa harus menjadi contoh yang baik agar dapat merekrut calon mahasiswa untuk masuk di kampus IAIN Ternate,” pinta Radjiman kepada mahasiswa.

Ia berpesan setiap memasuki Salat 5 waktu, mahasiswa tidak dianjurkan untuk berada di lokasi KKN, melainkan harus berada di masjid-masjid.

“Jadi setiap hari Jumat, mahasiswa yang laki-laki harus berada di masjid-masjid untuk bertindak sebagai khatib,” harapnya.

Sementara Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), Dr. Muhammad Zein menuturkan, mulanya pembekalan mahasiswa KKN dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2022. Kemudian, pelepasannya dilaksanakan pada (24/2) dan penarikannya akan dilaksanakan pada 14 April 2022 nanti.

“Setelah pelepasan ini, kami akan menyerahkan mahasiswa KKN ke dosen pembimbing untuk melaksanakan pengantaran ke lokasi masing-masing. Pada Jumat hingga Senin nanti sudah dilaksanakan pengantaran mahasiswa KKN ke lokasi yang nanti dipandu langsung oleh dosen pembimbing masing-masing,” ujarnya.

Ia bilang, mahasiswa KKN itu diterjunkan 50 desa yang tersebar di tiga kabupaten/kota, yakni Kabupaten Halmahera Barat, Kota Tidore Kepulauan, dan Kota Ternate.

Ia menjamin semua desa yang nanti dijadikan lokasi KKN itu sudah bersedia. Karena sebelumnya pihaknya sudah melakukan survei terlebih dahulu untuk meminta pernyataan kepala desa tentang kesediaan menerima mahasiswa KKN.

“Di tahun 2022 ini kita akan laksanakan KKN dua kali, yaitu periode pertama di awal tahun yakni Februari, Maret dan April. Sementara periode kedua akan dilaksanakan pada pertengahan tahun, yaitu Juni, Juli, dan Agustus,” jelasnya. (tr3/ask)

Respon (14)

  1. Ping-balik: สมัคร LSM99
  2. Thanks for some other informative blog. The place else could I am getting that type of information written in such an ideal method? I’ve a project that I am just now running on, and I have been at the look out for such information.

  3. Great blog here! Also your website loads up fast! What web host are you using? Can I get your affiliate link to your host? I wish my site loaded up as fast as yours lol

  4. Wow that was strange. I just wrote an very long comment but after I clicked submit my comment didn’t
    appear. Grrrr… well I’m not writing all that over again. Anyhow, just wanted to
    say superb blog!

  5. Hi, Neat post. There is a problem together with your website in internet explorer, may test this… IE nonetheless is the market leader and a huge component of folks will miss your fantastic writing due to this problem.

  6. Ping-balik: cc shop
  7. Hi, Neat post. There’s an issue with your website in internet explorer, may check this?K IE still is the marketplace chief and a big part of other people will omit your magnificent writing because of this problem.

Komentar ditutup.