DAERAH  

Harga Minyak Goreng di Halsel Masih Tinggi, Pemda dan DPRD Lepas Tangan

Minyak goreng.

PENAMALUT.COM, LABUHA – Harga minyak goreng di sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, masih tinggi.

Padahal, pemerintah pusat lewat Kementerian Perdagangan telah memberlakukan kebijakan satu harga melalui subsidi sejak 1 Februari 2022 lalu.

Tingginya harga minyak goreng ini harusnya diawasi ketat oleh pemerintah daerah dalam ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Halsel. Pengawasan harga sembako, terutama harga minyak goreng oleh Pemda ini terkesan lemah.

Di tengah-tengah kondisi ekonomi masyarakat yang merosot akibat pandemi Covid-19, Pemda dalam hal ini Disperindag maupun DPRD selaku perwakilan rakyat diharapkan hadir untuk mengatasi persoalan tersebut.

Dari amatan wartawan Nuansa Media Grup (NMG) di lapangan, harga minyak goreng yang dijual di pasaran masih tinggi. Di Toko Palm misalkan, harga minyak goreng per kilonya masih Rp 24.000. Sementara untuk kemasan jerigen 5 liter dijual dengan harga Rp 114.000-115.000.

Kepala Bidang Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Halsel Nurdin, ketika dikonfirmasi media ini belum lama ini, juga mengaku harga minyak goreng rata-rata masih di angka Rp 23.000-24.000 per kilo.

Kata Nurdin, para pedagang itu masih menggunakan stok lama, sehingga harganya masih belum diturunkan. Pihaknya sudah turun mengecek harga minyak goreng dan sudah memberikan surat edaran dari pemerintah pusat terkait satu harga.

Namun demikian, pihaknya tidak bisa berbuat banyak untuk mengambil suatu kebijakan mengatasi permasalahan harga minyak goreng ini.

“Torang (kami) sudah turun cek harga minyak goreng di toko-toko dan bahkan memberikan surat edaran. Tapi memang itu alasan mereka, bahwa belum dapat stok baru. Jadi pasaran harga pun belum berubah,” tukasnya.

Sementara DPRD Halsel lewat Ketua dan Wakil Ketua Komisi II saat dimintai tanggapan terkait harga minyak goreng ini tidak memberikan respons. Hingga berita tayang, belum ada tanggapan balik dari DPRD. (rul/ask)

Respon (12)

  1. Ping-balik: types of psilocybe
  2. Ping-balik: astro xo strain
  3. Hi, just required you to know I he added your site to my Google bookmarks due to your layout. But seriously, I believe your internet site has 1 in the freshest theme I??ve came across. It extremely helps make reading your blog significantly easier.

  4. I have learn several good stuff here. Definitely price bookmarking for revisiting. I wonder how a lot attempt you put to make one of these magnificent informative site.

  5. I just could not depart your site prior to suggesting that I actually enjoyed the standard information a person provide for your visitors? Is going to be back often in order to check up on new posts

  6. Hello! I could have sworn I’ve been to this site before but after browsing through some of the post I realized it’s new to me. Anyways, I’m definitely delighted I found it and I’ll be bookmarking and checking back frequently!

Komentar ditutup.