APSI PTMA Bakal Gelar Rakornas di Kota Ternate dan Tidore

Dekan Fakultas Teknik UMMU, Husaen Falahu.

PENAMALUT.COM, TERNATE – Asosiasi Program Studi Informatika (APSI) Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) bakal menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang berpusat di Kota Ternate dan Kota Tidore Kepulauan pada 21-24 Februari 2022 mendatang.

Ketua Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU), Santosa, mengatakan bahwa dalam Rakornas tersebut akan dirangkaikan dengan sejumlah event. Pihaknya akan mengundang 10 Narasumber dan 3 keynote speaker, yakni Prof. Dr. Sulyanto, Dr. Iksan selaku Kepala Dinas Kominfo Maluku Utara, dan Pakar IT Ir. Noer Akhmad.

Adapun sejumlah rangkaian kegiatannya berupa Seminar Nasional yang bertajuk Kuliah Pakar Diskusi Ilmiah Nasional, Workshop Implementasi MBKM: Akreditasi Prodi dan LAM Infokom, Pengabdian Masyarakat dan Kerja Sama dengan PWM Maluku Utara, Lomba Mahasiswa: Programing dan Karya Tulis Ilmiah, serta Lauching Data Base Keanggotaan APSI: Individu dan Institusi.

“Berbagai hal sudah disiapkan semaksimal mungkin. Baik tempat kegiatan, mempublikasikan kepada para peserta Prodi Teknik Informatika di seluruh PTN di Indonesia, dan sudah menyurat agar peserta di seluruh PTN bisa hadir,” ujarnya kepada media ini, Selasa (8/2).

Pihaknya juga akan mengundang para Dekan Fakultas Teknik Informatika di seluruh Indonesia untuk melaksanakan Workshop, memantapkan kurikulum MBKM, bekerjasama dengan seluruh PTN untuk tukar-menukar mahasiswa Prodi Teknik Informatika di masing-masing PTN.

Sementara Dekan Fakultas Teknik UMMU, Husaen Salahu, menuturkan bahwa ini PR (pekerjaan rumah) berat untuk tugasnya dalam menyiapkan agenda tersebut.

Meski begitu, sebagai tuan rumah, pihaknya akan menyiapkan yang terbaik.

“Saya sebagai Dekan Fakultas Teknik UMMU mewadahi tiga program studi, diantaranya Prodi Teknik Sipil, Teknik Pertambangan dan Teknik Informatika, dan genda ini lebih khususnya ke prodi Teknik Informatika,” sebutnya.

Ia mengaku akan membantu ketiga program studi tersebut untuk menyambut tamu-tamu dari perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Indonesia.

“Karena kita hadapi ini banyak hal, terutama fakultas di program studi, paling tidak saya berusaha sebaik mungkin untuk menciptakan suatu kesan dan usaha yang terbaik. Baik di Program Studi Teknik Sipil, Teknik Pertambangan maupun Teknik Informatika,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, ada usaha lain yang harus dilakukan terutama menghadapi kurikulum Kampus Merdeka. Karena setiap program studi mereka butuh waktu 6 bulan untuk terjun di lapangan.

Untuk Prodi Teknik Pertambangan, pihaknya juga akan membangun kerja sama dengan pihak perusahaan tambang terkait penandatanganan MoU.

“Supaya ketika menerapkan program kampus merdeka, kita sudah siap menyambut kurikulum baru itu,” pungkasnya. (tr3/ask)

Respon (7)

  1. My husband and i have been really excited when Louis managed to finish up his reports with the precious recommendations he acquired out of your web page. It’s not at all simplistic to simply continually be giving freely steps that the others may have been making money from. We really remember we’ve got the writer to be grateful to for that. The illustrations you made, the straightforward site navigation, the friendships your site assist to promote – it is mostly astounding, and it’s leading our son and our family feel that this theme is exciting, and that’s tremendously serious. Thank you for the whole thing!

  2. you’re actually a excellent webmaster. The site loading speed is amazing. It kind of feels that you’re doing any unique trick. In addition, The contents are masterwork. you’ve performed a magnificent job in this topic!

Komentar ditutup.