P2B IAIN Ternate Gagas Program Relawan Bahasa

Pihak P2B IAIN Ternate saat menyampaikan program ke relawan bahasa. (Tanwin/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Lebih dari 30 mahasiswa Institu Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate direkrut untuk terlibat dalam program relawan bahasa yang digagas oleh Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) IAIN Ternate. Mahasiswa yang direkrut sebagai relawan bahasa adalah mahasiswa lintas program studi yang ada di IAIN Ternate.

Relawan bahasa merupakan program yang dirancang untuk memfasilitasi mahasiswa yang ingin mengembangkan kemampuan berbahasa asing, khususnya Bahasa Arab dan Inggris. Dinamakan relawan bahasa, karena semua yang terlibat, baik itu peserta maupun mentor bergerak secara sukarela. Mahasiswa selaku peserta secara sukarela menyediakan waktunya untuk belajar bersama, dan juga para mentor juga secara sukarela membagi ilmu dan pengalamannya.

Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Sugirma, yang turut hadir dalam launching relawan bahasa berharap program ini dapat berjalan berkelanjutan, agar efek jangka panjangnya bisa dirasakan oleh semua mahasiswa IAIN Ternate.

“Program relawan bahasa sendiri merupakan program yang diinisiasi oleh dosen Bahasa Arab IAIN Ternate, Sayuthi Atman Said. Beliau mencanangkan program semasa menjadi penanggungjawab pengembangan bahasa pada P2B IAIN Ternate di bawah kepemimpinan Bapak Alfian, akan tetapi karena wabah covid-19 beberapa waktu lalu, turut menghambat berlangsungnya program ini dan pada akhirnya mandeg di tengah jalan,” ujar Sugirma, Senin (17/1).

Sugirma bilang, program relawan bahasa ini teknik pelaksanaannya dibuatkan kelompok belajar atau study club yang akan mendapatkan pelajaran terkait dengan pengembangan kemampuan berbahasa asing, baik Arab maupun Inggris dengan sistem klasikal berjenjang.

Materi pengembangan penguasaan bahasa asing, kata dia, akan dibagi dalam tiga level. Level pertama, adalah Maharah Kalam/Speaking Skill yang berfokus pada kemahiran berbicara. Pada level ini diharapkan para relawan dapat terlatih dengan baik untuk berbicara dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris. Level ini juga para relawan akan dipaksa mempraktikkan penggunaan bahasa asing secara terus menerus dengan penutur sesama relawan.

Kemudian pada level kedua, relawan akan dibekali Maharah Qira’ah/Reading Skill yang berfokus kepada kemahiran membaca. Pada level ini relawan bahasa dipersiapkan untuk mampu membaca teks berbahasa Arab maupun Inggris. Untuk dapat mengkuti program level II ini hanyalah relawan yang memiliki sertifikat kelulusan level I (pertama).

Level yang ketiga, adalah Maharah Kitabah/Writing Skill. Pada level ini relawan dipersiapkan untuk mampu menulis dengan baik menggunakan Bahasa Arab dan Inggris, sehingga nantinya diharapkan para relawan yang selesai dari level ini mampu melahirkan karya-karya ilmiah dengan menggunakan bahasa asing. Syarat mengikuti program di level ini hanyalah relawan yang memiliki sertifikat kelulusan level I dan II.

Kepala P2B IAIN Ternate, Rahmat menyampaikan, yang terpenting dari program ini adalah para relawan dituntut menciptakan kultur berbahasa asing dalam lingkungan kampus IAIN Ternate. Alumni angkatan pertama relawan bahasa nantinya disiapkan juga untuk menjadi tutor sebaya, yang nantinya mengajarkan kembali materi yang didapat ke angkatan berikutnya.

“Program relawan bahasa ini didesain pelaksanaannya berkelanjutan, setiap alumni yang selesai melewati setiap level akan menjadi tutor sebaya bagi angkatan berikutnya. Jadi nanti tiap relawan yang sudah lulus dibebankan menangani tiga sampai lima relawan baru, dengan demikian kita harapkan nantinya akan terbentuk komunitas penutur bahasa asing dalam jumlah yang besar di kampus IAIN Ternate,” terang Rahmat.

Lanjut Rahmat, saat ini sudah ada lima dosen pengampu mata kuliah Bahasa Arab dan Inggris yang bersedia ikut terlibat dalam relawan bahasa.

“Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak, baik dosen maupun mahasiswa yang telah turut terlibat dalam relawan bahasa. Besar harapan kami agar dosen-dosen lainnya bisa ikut terlibat dan berbagi ilmu dan pengalamannya kepada para mahasiswa,” harapnya menutup. (tr3/ask)

Respon (11)

  1. Definitely believe that which you said. Your favorite justification appeared to be on the internet the easiest thing to be aware of. I say to you, I certainly get annoyed while people consider worries that they just do not know about. You managed to hit the nail upon the top and defined out the whole thing without having side-effects , people could take a signal. Will likely be back to get more. Thanks

  2. Ping-balik: 다시보기
  3. hello there and thank you for your information – I’ve certainly picked up anything new from right here. I did however expertise a few technical points using this website, since I experienced to reload the web site a lot of times previous to I could get it to load correctly. I had been wondering if your web hosting is OK? Not that I am complaining, but slow loading instances times will sometimes affect your placement in google and can damage your high quality score if ads and marketing with Adwords. Well I am adding this RSS to my e-mail and can look out for much more of your respective fascinating content. Make sure you update this again soon..

  4. My brother recommended I would possibly like this website. He used to be totally right. This put up actually made my day. You can not believe simply how so much time I had spent for this info! Thanks!

  5. Great info and right to the point. I am not sure if this is in fact the best place to ask but do you guys have any ideea where to hire some professional writers? Thanks in advance 🙂

Komentar ditutup.