DAERAH  

Dibangun Dengan Anggaran Puluhan Miliar, Gedung Industri di Halbar tak Berfungsi

Gedung Sentra Industri Kecil Menengah (SIKM) Kelapa Terpadu di Halbar yang tak berfungsi dan dipenuhi semak belukar. (Haryadi/NMG)

PENAMALUT.COM, JAILOLO – Pembangunan gedung Sentra Industri Kecil Menengah (SIKM) Kelapa Terpadu di Desa Acango, Kabupaten Halmahera Barat, diresmikan pada tahun 2019 lalu.

Gedung yang menelan anggaran puluhan miliar itu dibiarkan tak berfungsi.

Pantauan wartawan media ini, gedung SIKM itu terlihat dipenuhi semak belukar setinggi satu meter yang mengelilingi bangunan seluas satu hektare tersebut. Bahkan ratusan buah kelapa yang sudah bertunas berhamburan di salah satu ruangan.

Terlihat dua alat berat yang terparkir begitu saja di depan gedung, juga satu buah mobil Hilux yang sedang terparkir.

Menurut keterangan salah satu pekerja yang ditemui di lokasi, ada pekerjaan dua buah bangunan yang saat ini dikerjakan di bagian belakang.

Ia juga mengaku sampai saat ini belum ada alat pendukung sentra industri tersebut.

“Gedung pengolahan kelapa itu belum difungsikan. Mungkin setelah kami selesai kerja atau bagaimana baru difungsikan,” kata pekerja yang enggan menyebut namanya kepada wartawan, Rabu (5/1) tadi.

Tampak satu buah alat berat dan mobil Hilux yang terparkir begitu saja di lokasi gedung SIKM. (Haryadi/NMG)

Diketahui, gedung pabrik pengolahan kelapa yang diresmikan sejak April 2019 lalu itu menelan anggaran sebesar 12,5 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun2019 itu.

Tidak hanya itu, gedung ini juga dianggarkan melalui APBD Halbar tahun 2021 dengan nama kegiatan pembangunan gedung area produksi sentra home industri yang nilai Rp 3.250.487.000, yang melekat pada Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Halbar.

Pada tahun 2021 lalu juga, dianggarkan untuk pengadaan peralatan dan mesin sentra home dengan pagu senilai Rp 1.500.000.000 yang bersumber dari APBD.

Pembangunan SIKM Kelapa Terpadu ini terdiri dari 11 item, diantaranya bangunan kantor pengelola sentra, gedung pamer produk, gedung bahan baku, dan gedung pos penjagaan.

Sementara, untuk gedung produksi terdiri dari lima bangunan, yakni gedung produksi sabut kelapa dan cocopeat, gedung produksi batik kelapa, gedung produksi pengolahan air kelapa, gedung produksi minyak kelapa, dan gedung produksi VCO yang telah dilengkapi berbagai peralatan. Terdapat juga gedung rumah genset, ruang pompa, dan instalasi pembuangan air limbah. (adi/ask)

Respon (8)

  1. Ping-balik: look these up
  2. Thank you a bunch for sharing this with all folks you really understand what you’re talking about! Bookmarked. Kindly additionally seek advice from my website =). We can have a hyperlink exchange agreement among us!

  3. Ping-balik: buy Dysport 500U
  4. Youre so cool! I dont suppose Ive read something like this before. So nice to search out someone with some unique thoughts on this subject. realy thank you for starting this up. this web site is one thing that’s needed on the net, somebody with a bit originality. helpful job for bringing something new to the web!

  5. You could definitely see your enthusiasm in the work you write. The sector hopes for more passionate writers like you who are not afraid to mention how they believe. All the time follow your heart.

Komentar ditutup.