MAJANG  

Ikbal Djabid Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Kepada Pelajar di Kota Ternate

Foto bersama usai sosialisasi empat pilar kebangsaan di MAN 1 Ternate. (Karno/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Anggota Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Ikbal Djabid, melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan terhadap pelajar di Kota Ternate.

Sosilisasi ini dilaksanakan di dua sekolah, yakni Madrasah Aliyah Negeri (MAN Model) Ternate pada Jumat (12/11) dan SMK Negeri 3 Kota Ternate pada Sabtu (13/11).

Ikbal dalam kegiatan tersebut menyampaikan, sosialisasi empat pilar kebangsaan ini merupakan perintah negara atau tugasnya  anggota DPD RI dan anggota MPR RI yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 42 tahun 2014 tentang MPR, DPD dan DPR RI, yaitu untuk mensosialisasikan empat pilar kebangsaan ini kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama masyarakat di Maluku Utara.

“Saya sebagai salah satu anggota DPD dan juga anggota MPR memiliki tugas yang diatur dalam undang-undang untuk mensosialisasikan empat pilar kebangsaan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Semoga kegiatan sosialisasi ini dapat menambah pengetahun adik-adik siwa dan siswi sebagai bekal untuk menuju ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi,ā€ ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ikbal juga menyampaikan sosialisasi empat pilar kebangsaan ini difokuskan pada empat hal penting pada pemahaman kebangsaan, diantaranya Pancasila sebagai idiologi bangsa, UUD 1945 sebagai hukum tertulis atau sebagai konstitusi bangsa, NKRI sebagai kesatuan bangsa dari Sabang sampai Merauke, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai moto atau semboyan yang menandakan perbedaan namun tetap satu bangsa Indonesia.

“Sehingga pengamalan nilai-nilai empat pilar dapat mengukuhkan jiwa kebangsaan dan nasionalisme kita untuk menjadi penerus bangsa yang semakin mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujar mantan calon wali kota Ternate itu.

Menurut dia, saat ini berbagai macam persoalan kebangsaan terjadi di mana-mana, baik persoalan sosial, suku, agama dan berbagai konflik kepentingan lainnya yang membuat persatuan dan kesatuan bangsa semakin retak. Hal ini disebabkan karena kita abai dan lalai dalam mewujudkan nilai-nilai dari empat pilar kebangsaan ini untuk kehidupan sehari-hari.

“Oleh karena itu, saya mengajak kepada kita semua agar tetap komitmen menanamkan nilai-nilai dari empat pilar kebangsaan ini demi masa depan negara yang kita cintai ini,” ajaknya.

Pad kesempata itu juga, ia memberikan penghargaan kepada tiga pelajar SMA Negeri 3 dan tiga pelajar MAN Model sebagai peserta yang aktif menyampaikan tanggapan saat berlangsungnya sosialisasi tersebut.

Sekadar diketahui, kegiatan ini disertai dengan penerapan protokol (Prokes) yang ketat. (ano/ask)

Respon (16)

  1. Ping-balik: mushrooms logo
  2. Ping-balik: kojic acid soap
  3. I have been browsing online more than three hours these days, yet I by no means discovered any interesting article like yours. ItĀ¦s beautiful worth enough for me. In my opinion, if all website owners and bloggers made excellent content material as you probably did, the web will probably be much more useful than ever before.

  4. Ping-balik: Fysio Dinxperlo
  5. Just wanna remark on few general things, The website design is perfect, the articles is real wonderful. “To establish oneself in the world, one has to do all one can to appear established.” by Francois de La Rochefoucauld.

  6. Youre so cool! I dont suppose Ive read anything like this before. So nice to seek out somebody with some original ideas on this subject. realy thank you for starting this up. this web site is something that’s needed on the web, someone with somewhat originality. useful job for bringing something new to the web!

Komentar ditutup.