Lokal  

Datangi Kantor Bupati, Warga Minta Bupati Halut Jangan Intervensi Pilkades

Massa aksi membakar ban bekas di depan Kantor Bupati Halut. (Chido/NMG)

PENAMALUT.COM, TOBELO – Warga 5 desa di Kecamatan Kao Utara, Kabupaten Halmahera Utara, Kamis (21/10) pagi tadi mendatangi Kantor Bupati Halut.

Kedatangan warga 4 desa yakni Desa Gulo, Pediwang, Tonuo, Doro dan Desa Kusuri memprotes proses seleksi calon kepala desa (Cakades) melalui tes tertulis dan wawancara yang dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Halut belum lama ini.

Pasalnya, tes tertulis dan wawancara itu dinilai tidak profesional. Bahkan diduga adanya intervensi terhadap proses seleksi itu.

Koordinator aksi, Decky Ice dalam orasinya menilai tahapan seleksi Cakades yang berlangaung beberapa hari lalu dianggap tidak transparan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor: 112 tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa pasal 5 ayat 2, dalam diktum tersebut tidak ada kewenangan panitia kabupaten untuk menetapkan/mengesahkan calon tetap kepala desa.

“Kewenangan itu ada di panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) di desa. Oleh karena itu, surat keputusan penetapan Cakades dari DPMD itu cacat demi hukum dan keputusan itu harus segera dibatalkan,” pinta Decky.

Decky juga menilai Kadis DPM Halut dan seluruh panitia pelaksana bekerja tidak professional dan terkesan tendensius politik. Ini imbas dari perbedaan politik kemarin, sehingga pendekatannya suka dan tidak suka.

“Karena itu, kami minta Kadis PMD diberentikan dari jabatannya. Kami juga berharap Bupati Halut tidak mengintervensi lebih jauh karena dendam politik. Sehingga hak-hak demokrasi rakyat Halut tidak dizolimi,” harapnya.

Terpisah, Kadis PMD Wenas Rompis menjelaakan, regulasi yang dipakai dalam tahapan Pilkades yakni peraturan bupati (Perbup) yang mendasari pelaksanaan Pilkades pada tahun 2021 yaitu Perbup Nomor 10, 11 dan 12.

Perbup itu terkait dengan covid, Perbup penyebaran suara yang lebih luas bila terdapat suara yang sama, dan Perbup penetapan suara yang sah dan penetapan waktu Pilkades dan interval waktu pemilihan secara bertahap. Selain itu, Permendagri yang mendasari sejumlah pelaksanaan Pilkades itu.

Terkait penilaian screning Cakades yang dinilai sejumlah pihak memiliki tendensi politik, Wenas membantahnya. Menurutnya, tuduhan itu tidak benar.

“Buktinya, sejumlah Cakades yang sebelumnya mendukung calon bupati nomor urut 2 pada Pilbup lalu tidak digugurkan. Itu karena nilai screning mereka bagus,” tandasnya.

Soal nanti ada yang puas dan tidak terhadap hasil tes, Wenas bilang itu sudah biasa. Wenas meminta mereka yang tidak puas agar tidak melampiaskan pada fasilitas di desa, katena itu urusan hukum.

Ia mempersilahkan mereka yang tidak puas itu untuk menempuh ranah hukum, yakni ke PTUN untuk dibuktikan. Wenas menjamin jika nanti di PTUN, keputusan itu dianggap salah, maka pemerintah daerah akan membatalkan tahapan sebelumnya yang dipersoalkan dan akan dilakukan seleksi kembali dan sebagainya.

“Tergantung rekomendasi pengadilan. Pada prinsipnya panitia kabupaten tetap pada keputusan sebelumnya,” tukasnya.

Sekadar diketahui, usai hearing dengan panitia kabupaten di Kantor Bupati Halut, warga merasa kecewa dan kembali melakukan aksi lanjutan dengan membkaar BAN bekas di depan Kantor Bupati Halut. Bahkan nyaris terjadi adu jotos antara masa aksi dengan Satpol PP. (fnc/ask)

Respon (23)

  1. Ping-balik: Skrot Angered
  2. Ping-balik: counseling san diego
  3. Ping-balik: Skrotning bil
  4. Ping-balik: shop ruger
  5. Ping-balik: site link
  6. Ping-balik: ai nude
  7. Ping-balik: ks quik
  8. I have been exploring for a little for any high quality articles or weblog posts on this sort of house . Exploring in Yahoo I eventually stumbled upon this web site. Studying this information So i am glad to convey that I have an incredibly just right uncanny feeling I found out exactly what I needed. I so much for sure will make sure to don’t forget this website and give it a glance on a continuing basis.

  9. Howdy very cool web site!! Man .. Excellent .. Superb .. I’ll bookmark your blog and take the feeds additionallyKI’m satisfied to search out so many helpful info right here within the publish, we need develop more techniques in this regard, thanks for sharing. . . . . .

  10. Im now not certain where you are getting your information, however great topic. I must spend a while studying much more or figuring out more. Thank you for magnificent info I was on the lookout for this information for my mission.

  11. After examine a number of of the weblog posts in your website now, and I truly like your means of blogging. I bookmarked it to my bookmark web site record and will probably be checking again soon. Pls check out my web page as nicely and let me know what you think.

  12. Wonderful web site. Plenty of useful info here. I’m sending it to a few pals ans also sharing in delicious. And obviously, thank you in your effort!

  13. Have you ever considered about adding a little bit more than just your articles? I mean, what you say is fundamental and all. But imagine if you added some great graphics or video clips to give your posts more, “pop”! Your content is excellent but with images and clips, this website could definitely be one of the greatest in its niche. Superb blog!

Komentar ditutup.