Camat Kota Maba Intens Evaluasi Panitia Pilkades Serentak

Camat Kota Maba, Kabupaten Halmahera Timur, Abdul Rasid Hamidu.

PENAMALUT.COM, MABA – Pemerintah Kecamatan Kota Maba, Halmahera Timur (Haltim), terus melakukan evaluasi kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak mulai dari tahap awal pembentukan sampai memasuki tahap keempat dengan agenda Daftar Pemilih Sementara (DPS). Hal ini dilakukan demi terwujudnya Pilkades yang transparan, berkualitas, damai dan bermartabat.

Sudah empat desa yang dievaluasi untuk persiapan Pilkades Serentak di kecamatan Kota Maba tersebut. Keempat desa itu adalah desa Soagimalaha, Soasangaji, Tewil dan desa Wailukum.

Camat Kota Maba, Abdul Rasid Hamidu mengatakan, berangkat dari hasil sosialisasi yang berlangsung kemarin di Kantor Bupati Haltim, Pemerintah Kecamatan merasa punya tanggung jawab besar dalam tahapan pemilihan sampai pada pelantikan Kepala Desa nanti.

“Jadi tanggung jawab saya evaluasi terus sampai pada tingkat pelantikan. Karena sesuai Permendagri nomor 14 tahun 202, terkait dengan pedoman pelaksanaan pemilihan kepala desa, Camat punya tanggung jawab terakhir setelah menerima permohonan usulan pengangkatan dari BPD masing-masing Desa ke Bupati Haltim melalui Camat, lalu Camat buat permohonan usulan ke Bupati dan akan dilantik. Disitulah baru selesai,” kata Abdul Rasid, Kamis (30/9).

Abdul Rasid menambahkan, untuk masyarakat yang ingin mencalonkan diri sebagai Kepala Desa harus memiliki pengalaman dan pemahaman soal manajemen pemerintahan serta manajemen bisnis. Mengingat empat desa yang ada di Kota Maba itu masuk wilayah lingkar tambang, maka sudah tentu akan terus berkomunikasi dan koordinasi kepada pihak yang berinvestasi.

Dengan begitu, sambung Rasid, akan mempermudah pembangunan fisik desa dan pembangunan sumber daya manusia (SDM). Perusahaan tambang juga kata Rasid, punya tanggung jawab dan peran dalam membangun desa.

Kata dia lagi, sudah sejak lama Halmahera Timur sangat terikat erat dengan persatuan dan  kekeluargaan. Dengan dasar itulah semua pihak berkewajiban untuk membangun desa dengan lebih baik. “Terkait persoalan beda pendapat dan pilihan yang terjadi kemarin-kemarin itu dihilangkan sudah,  mari kita sama-sama melakukan yang terbaik untuk masyarakat,” imbau Rasid.

Dirinya berharap, untuk masyarakat empat desa yang ada di kecamatan Kota Maba  bisa melangsungkan Pilkades serentak dengan aman dan tertib. Untuk semua panitia juga harus bekerja secara professional dan objektif sesuai peraturan yang berlaku.

“Saya sudah sampaikan bahwa setiap Panitia Pilkades jangan berada di posisi kandidat yang calon sebagai Kades, karena akan menimbulkan konflik dan akhirnya akan kita rugi sama-sama. Bekerjalah dengan ikhlas untuk desa,” (mdf)

Respon (10)

  1. Ping-balik: Nocode testing tool
  2. Nice post. I used to be checking continuously this weblog and I am inspired! Very helpful info particularly the final part 🙂 I take care of such information a lot. I used to be seeking this certain info for a very lengthy time. Thank you and good luck.

  3. Hmm it seems like your blog ate my first comment (it was extremely long) so I guess I’ll just sum it up what I had written and say, I’m thoroughly enjoying your blog. I as well am an aspiring blog blogger but I’m still new to everything. Do you have any suggestions for newbie blog writers? I’d really appreciate it.

Komentar ditutup.