Lokal  

2 Desa di Sula Segera Dimekarkan Menjadi Desa Definitif

Kadis PMD Provinsi Maluku Utara dan Kabag Tata Pemerintahan Pemkab Sula saat disambut masyarakat Desa Umaga, Kepulauan Sula. (Isrudin/Penamalut)

PENAMALUT.COM, SANANA – 2 Desa di Kabupaten Kepulauan Sula diusulkan menjadi desa definitif.

Kamis (9/9) kemarin, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula melalui Kepala Bagian Tata Pemerintah Setda Sula, Suwandi.H. Gani bersama Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Maluku Utara Samsudin Banyo, melaksanakan monitoring dan evaluasi penataan desa persiapan defenitif yakni di Desa Umaga, Kecamatan Sulabesi Tengah Sula.

Dihadapan masyarakat, Suwandi menyampaikan bahwa pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Bupati Fifian Adeningsi Mus sangat serius dan tidak main-main terkait usulan pemekaran desa defenitif.

Ia bilang, ada 2 desa di Sula yang akan didefenitifkan, yakni Desa Rawa Mangoli dan Desa Umaga. Ini terbukti dengan kedatangan rombongan Kadis PMD Provinsi Malut.

Suwandi juga menyampaikan pesan Bupati Fifian agar masyarakat di Desa Waiboga yang merupakan desa induk desa persiapan defenitif agar saling menjaga kerukunan dan kebersamaan agar tercipta situasi keamanan desa yang kondusif.

“Suda lama masyarakat merindukan adanya desa defenitif, dan kini lagi sudah tercapai. Sehingga itu pesan Bupati agar jaga kerukunan dan silahturahmi dengan baik, segala sesuatu harus dikomunikasikan dengan baik agar kita bisa mewujudkan program Sula Bahagia,” pintanya.

Sementara (Pjs) Desa Umaga, Julkifli Tidore menyampaikan bahwa sudah lama penantian panjang warga Desa Umaga untuk menjadi desa definitif. Secara administrasi dan regulasi, Desa Umaga sudah memenuhi syarat untuk dimekarkan menjadi desa definitif.

“Di mana jumlah penduduk kami 1215 jiwa, dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) 287. Kami warga Desa Umaga dan desa induk Desa Waiboga bersilahturahmi dengan baik terkait tapal batas dan tidak ada masalah apapun,” katanya menambahkan.

Untuk pendidikan, lanjut dia, di Desa Umaga memiliki infrastruktur sekolah dari TK, SD dan SMA. Dan untuk SDM, pihaknya juga memiliki warga masyarakat yang jenjang pendidikannya sampai pada tingkatan S1.

Untuk itu, Julkifli menyampaikan terima kasih kepada Pemrov Malut dan Pemkab Sula yang sangat peduli dengan aspirasi dan keinginan masyarakat Desa Umaga.

“Saya merasa terharu karena hari ini Pemprov Malut yakni Kadis PMD dan rombongan beserta Pemkab Sula bisa datang langsung menyapa kami warga Desa Umaga dan mendengar langsung keluhan-keluhan kami,” tukasnya. (ish/ask)

Respon (7)

  1. Ping-balik: 뉴토끼
  2. Greetings from California! I’m bored to tears at work so I decided to browse your site on my iphone during lunch break. I enjoy the information you provide here and can’t wait to take a look when I get home. I’m amazed at how fast your blog loaded on my mobile .. I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyhow, awesome site!

  3. What i do not realize is in fact how you’re no longer actually much more smartly-preferred than you may be now. You are so intelligent. You realize therefore considerably in terms of this matter, made me personally consider it from so many numerous angles. Its like women and men don’t seem to be interested until it is something to accomplish with Girl gaga! Your own stuffs outstanding. All the time take care of it up!

Komentar ditutup.