MAJANG  

Pemkot Ternate Kewalahan Bayar Utang Multiyears

Kepala BPKAD Kota Ternate, M. Taufik Jauhar. (Karno/Penamalut)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Pemerintah Kota Ternate masih memiliki utang proyek multiyears sebesar 41,9 miliar kepada pihak ketiga.

Utang yang semestinya dilunasi pada tahun 2021 sesuai kesepakatan bersama antara Pemkot dan DPRD, namun tampaknya Pemkot kewalahan melakukan pembayaran utang tersebut.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Ternate, M. Taufik Jauhar mengaku pihaknya kewalahan melunasi utang itu. Salah satu kelemahan tidak bisa melakukan pembayaran ke pihak ketiga, karena kuranganya ketersediaan anggaran akibat refocusing.

“Kita bayar atau tidaknya tergantung anggaran yang tersedia. Kalau memang keadaan refocusing sekarang ini, nanti dilihat bisa dibayarkan di tahun 2021 atau tidak. Jika tidak, berarti kita upayakan di tahun 2022,” kata Taufik saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (2/9).

Menurutnya, imbas dari refocusing itu, dana transfer pusat juga ikut dikurangi. Hal ini tentu mempengaruhi realisasi pendapatan asli daerah (PAD) yang berkurang. Apalagi dana bagi hasil (DBH) provinsi juga tidak maksimal.

“Kalau kondisi seperti itu ya nanti kita lihat. Jika tidak bisa dibayarkan tahun 2021, akan dijadwalkan ulang bersama DPRD. Namun kita masih berpatokan dengan hasil kesepakatan awal 3 tahun pembayaran,” ujarnya.

Ia optimis, jika pendapatan daerah ini maksimal sesuai dengan target, begitu juga dengan maksimalnya DBH provinsi, maka akan diselesaikan.

“Tapi kenyataannya target pendapatan daerah tidak mencapai sesuai yang disepakati, sehingga belanja juga ikut terganggu. Bukan saja belanja, Multiyears yang terganggu, yang lain juga ikut,” tukasnya.

Pihaknya, lanjut dia, akan menerapkan perimbangan anggaran, sehingga sisi pendapatan juga harus maksimal.

Namun utang terkait utang multiyears ini sudah dimasukan dalam APBD Perubahan untuk dibahas.

Sekadar diketahui, proyek tahun jamak yang disepakati bersama DPRD selama tiga tahun yakni 2019-2021 dengan besaran utang Rp 81,9 miliar. Namun saat baru terbayar Rp 40 miliar, dan masih terisa Rp 41, 9 miliar. (ano/ask)

Respon (13)

  1. This is really interesting, You’re a very skilled blogger. I have joined your feed and look forward to seeking more of your fantastic post. Also, I’ve shared your web site in my social networks!

  2. Ping-balik: visit here
  3. Ping-balik: slotjili
  4. Ping-balik: Hot sex videos
  5. I loved as much as you will receive carried out right here.
    The sketch is attractive, your authored subject matter stylish.
    nonetheless, you command get bought an edginess over that you wish be
    delivering the following. unwell unquestionably
    come further formerly again as exactly the same nearly a lot
    often inside case you shield this increase.

  6. Youre so cool! I dont suppose Ive learn something like this before. So good to find someone with some authentic ideas on this subject. realy thank you for starting this up. this website is one thing that’s needed on the web, somebody with a bit of originality. useful job for bringing something new to the internet!

  7. Thanks for another excellent post. Where else could anyone get that type of info in such a perfect manner of writing? I’ve a presentation subsequent week, and I’m on the search for such info.

Komentar ditutup.