Rektor UMMU: Tuntutan Gaji Dosen Belum Bisa Naik, Namun Tunjangan Fungsional Sudah Dinaikkan

Rektor UMMU, Prof. Saiful Deni.

PENAMALUT.COM, TERNATE – Rektor Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU), Prof. Saiful Deni menanggapi pernyataan sejumlah dosen yang menamakam diri forum dosen dan pegawai UMMU terkait tuntutan kenaikan gaji.

Menurutnya, tuntutan beberapa oknum dosen terhadap kenaikan gaji, pihaknya sudah melakukan rapat dengan pihak yayasan sesuai mekanismenya. Dalam rapat dengan yayasan itu diputuskan bahwa tuntutan kenaikan gaji ini tidak bisa lantaran persoalan kondisi pandemi dua tahun ini dan kondisi mahasiswa.

Meski demikian, kata Rektor, pihaknya sudah menaikkan tunjangan fungsional dosen, dan ini lebih baik dari pada gaji.

“Tuntitan ini tidak dipenuhi kemudian mereka layangkan ke Disnaker. Saya tidak hadir di Disnaker, karena itu hanya mediasi, bukan putuskan untuk naik gaji,” ujarnya saat dihubungi wartawan, Senin (9/8).

Saiful juga menyebut sejak tahun 2019, pihaknya sudah menaikkan gaji dosen maupun seluruh pegawai secara keseluruhan. Bahkan pada Juli 2021 kemarin, pihaknya juga menaikkan tunjangan fungsional dosen.

“Tidak mungkin kita naikkan tiap bulan. Saya lihat ini bukan soal kenaikan gaji lagi, tapi saya lihat ada niat yang lain. Saya perhatikan begitu, makanya mereka desak terus,” tuturnya.

Soal ketidakhadirannya pada mediasi yang dilakukan di kantor Disnaker Malut, ini karena sudah ada kesepakatan dengan pihak yayasan bahwa untul gaji sementara belum bisa dinaikkan. Sehingga itu, dirinya memilih mewakilkan kuasa hukumnya.

“Kita tidak bisa memaksa kenaikan gaji ini. Sebab kita ini di bawah yayasan. Kalau sudah diputuskan yayasan seperti itu, lantas kita mau buat apa. Kemudian yayasan ini nonprofit. Artinya kalau mampu kita naikkan, kalu belum, maka kita tidak bisa naikkan,” tandasnya.

Sehingga itu, kata dia, jika tahun ini tidak bisa dinaikkan, maka nanti dilihat pada tahun depannya.

“Nanti kita lihat kondisi. Kalau bisa naik, maka kita naikkan. Hanya saja teman-teman dosen ini emosi atau bagaimana, sehingga jadi begini,” tukasnya.

Ia menguraikan, untuk dosen yang sudah tersertifikasi dosen (serdos) gajinya di atas 5 juta. Artinya sudah di atas upah minimum provinsi (UMP).

“Nah ini itu apakah kita tidak perhatikan. Kalau dosen yang malas itu tidak kreatif. Dosen yang belum serdos memang gajinya di bawah UMP. Kalau sudah serdos ya diatas 5 juta. Gaji itu harus dilihat total pendapatannya,” terangnya.

Ia juga telah memanggil para pegawai dan memberi tahu bahwa yang rajin bakal dinaikkan insentifnya.

“Jadi memang kita sudah sepakat untuk sekarang gaji dosen belum dinaikkan. Artinya ini kemungkinan tahun depan bisa naik. Jadi dosen pemalas itu yang bikin masalah. Yang jelas lagi saya tidak bersembunyi,” pungkasnya menutup. (ask)

Respon (28)

  1. What i don’t understood is in fact how you’re no longer actually much more smartly-liked than you might be right now. You’re so intelligent. You understand thus significantly with regards to this matter, produced me personally imagine it from so many numerous angles. Its like men and women don’t seem to be involved unless it is something to do with Girl gaga! Your individual stuffs outstanding. At all times maintain it up!

  2. Thank you for another wonderful post. Where else could anyone get that type of info in such an ideal way of writing? I’ve a presentation next week, and I’m on the look for such information.

  3. Ping-balik: superkaya88 login
  4. I will right away grab your rss feed as I can’t find your email subscription hyperlink or e-newsletter service. Do you have any? Please allow me recognise in order that I may just subscribe. Thanks.

  5. Ping-balik: Anavar in australia
  6. I like what you guys are up too. Such intelligent work and reporting! Keep up the excellent works guys I¦ve incorporated you guys to my blogroll. I think it’ll improve the value of my web site 🙂

  7. Attractive component of content. I just stumbled upon your website and in accession capital to say that I get in fact enjoyed account your weblog posts. Any way I’ll be subscribing in your feeds and even I success you get right of entry to consistently quickly.

  8. Ping-balik: lsm99
  9. Magnificent goods from you, man. I’ve understand your stuff previous to and you are just too magnificent. I actually like what you’ve acquired here, really like what you are stating and the way in which you say it. You make it enjoyable and you still care for to keep it sensible. I can not wait to read far more from you. This is actually a tremendous website.

  10. Hiya, I am really glad I’ve found this information. Today bloggers publish just about gossips and internet and this is actually frustrating. A good website with exciting content, that’s what I need. Thanks for keeping this website, I’ll be visiting it. Do you do newsletters? Can’t find it.

  11. Your style is so unique compared to many other people. Thank you for publishing when you have the opportunity,Guess I will just make this bookmarked.2

  12. Normally I do not read article on blogs, but I would like to say that this write-up very forced me to take a look at and do it! Your writing taste has been amazed me. Thanks, quite great post.

Komentar ditutup.