Lokal  

Devisit Anggaran, Pemkab Halut Cari Skema Penunjang Pendapatan

Kantor Bupati Halmahera Utara. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, TOBELO – Pandemi Covid-19 yang dialami hampir setiap daerah di dunia mengakibatkan kondisi ekonomi terutama keuangan daerah terpuruk.

Hal ini pula yang dialami Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara. Pemkab Halut pada tahun ini mengalami devisit anggaran, maka dari itu pihaknya sedang mengancang-ancang untuk menyiapkan skema guna menutupi devisit tersebut.

“Kita sedang menyiapkan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) tahun anggaran 2021. Senin ini TAPD akan rapat bersama OPD untuk membahasnya. Kondisi keuangan kita lagi mengalami devisit,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Halut, Erasmus J. Papilaya yang ditemui di Kantor Bupati Halut usai pembahasan KUA-PPAS 2022 di internal TAPD, Kamis (22/7) kemarin.

Menurut Erasmus, penyebab devisit keuangan daerah ini salah satunya dipengaruhi situasi covid. Sehingga itu, pihaknya maka akan melakukan penyesuaian anggaran pada setiap OPD agar devisit itu bisa balance atau diimbangi

Dari balance itulah, kata dia, bisa diketahui jumlah ril yang didaptkan. Intinya harus diketahui dulu, apakah mengurangi atau menghilangkan devisit itu akan disesuiakan dengan belanja-belanja yang ada di masing-masing OPD.

Ia bilang, kondisi keuangan yang mengalami devisit ini mala sesuai arahan pimpinan, pihaknya akan menggali sumber-sumber pendapatan yang bersumber dari daerah maupun pusat untuk.

“Ini akan didorong, sehingga  bisa kita dapatkan. Disamping kita galakan pendapatan, belanja-belanja juga kita rasionalkan,” jelasnya.

Pihaknya dalam hal ini Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) juga saat ini sedang membahas KUA-PPAS 2022 bersama badan anggaran DPRD. Ini untuk menyamakan persepsi tentang anggaran 2022 nanti.

“Rencananya tanggal 2 Agustus minggu pertama kita sudah sampaikan KUA-PPS 2022 ke DPRD,” terangnya. (fnc/ask)

Respon (271)

  1. Ping-balik: Betkick
  2. Ping-balik: Fysio Dinxperlo
  3. Ping-balik: cvv shop
  4. Thank you for sharing superb informations. Your web site is very cool. I’m impressed by the details that you have on this site. It reveals how nicely you understand this subject. Bookmarked this web page, will come back for more articles. You, my friend, ROCK! I found just the info I already searched everywhere and simply could not come across. What a perfect web-site.

  5. I am glad for commenting to make you understand of the cool experience our girl undergone visiting your web page. She came to understand several issues, with the inclusion of how it is like to have an excellent helping spirit to make other folks with no trouble understand some complex subject matter. You undoubtedly did more than our expectations. Thanks for rendering the productive, healthy, revealing and also fun guidance on this topic to Ethel.

Komentar ditutup.