Tahun Ini, Dikbud Malut Terima DAK Sekolah 179 Miliar

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Malut, Imam Makhdy Hassan. (Istimewa)

PENA – Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengalokasikan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk sekolah kepada 17 provinsi di Indonesia, salah satunya adalah Provinsi Maluku Utara.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Malut, Imam Makhdy Hassan, melalui Sekretaris Dikbud Amiruddin menyampaikan bahwa DAK yang diberikan pemerintah pusat ini sebagai bentuk apresiasi atas pengisian Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dengan baik di seluruh satuan pendidikan di Provinsi Malut, baik SMA, SMK, maupun SLB.

DAK yang diberikan pemerintah pusat ini, kata Amiruddin, hanya 17 provinsi termasuk Malut. Malut mendapat porsi DAK sebesar 179 miliar dan terbesar ke lima dari 17 provinsi tersebut.

“Alhamdulillah, pada tahun ini juga Kemendikbud telah mengeluarkan edara untuk proses DAK tahun 2022. Sehingga itu, kita sudah minta kepada satuan pendidikan untuk mengupdate data Dapodiknya,” ujar Amiruddin saat ditemui wartawan, Jumat (19/3).

lanjut Amiruddin, anggaran DAK yang diterima pada tahun 2021 ini diperuntukan untuk 42 sekolah yang tersebar di Malut. Pihaknya menargetkan di tahun 2022 nanti paling tidak ada 200 sekolah yang akan mendapatkan anggaran DAK. Sehingga itu, ia meminta agar data Dapodik harus sesegera mungkin diperbarui dan diupdate.

Ia juga bilang, pada tahun 2022 nanti, sekolah yang sudah mendapatkan DAK tahun 2021, sudah tidak lagi mendapatkan. DAK ini difokuskan pada sarana dan prasaran sekolah.

“Sehingga pada tahun 2022 nanti, sekolah yang sudah mendapatkan DAK di 2021, fokusnya tidak lagi ke Sarpras, namun peningkatan kualitas dan mutu peserta didiknya,” ujarnya.

Pihaknya menargetkan hingga 2024 nanti, 400 lebih sekolah, baik SMA, SMK, dan SLB sudah mendapatkan anggaran DAK. Sehingga perbaikan sarana prasana sekolah dapat terlaksana dengan baik.

“Dengan begitu, fasilitas belajar siswa terjamin, guru mengajar juga nyaman. Maka dengan sendirinya kualitas dan mutu pendidikan dapat meningkat,” jelasnya. (Red)

Respon (6)

  1. Thanks for ones marvelous posting! I really enjoyed reading it, you can be a great author.I will be sure to bookmark your blog and definitely will come back at some point. I want to encourage you to ultimately continue your great work, have a nice day!

  2. An impressive share, I simply given this onto a colleague who was doing just a little analysis on this. And he in reality bought me breakfast because I found it for him.. smile. So let me reword that: Thnx for the treat! However yeah Thnkx for spending the time to debate this, I feel strongly about it and love reading extra on this topic. If doable, as you grow to be expertise, would you mind updating your blog with extra details? It’s highly useful for me. Big thumb up for this blog submit!

  3. I love your blog.. very nice colors & theme. Did you create this website yourself? Plz reply back as I’m looking to create my own blog and would like to know wheere u got this from. thanks

Komentar ditutup.