Gubernur Launching Kampung Tangguh

Gubernur AGK saat melaunching kegiatan kampung tangguh

PENA – Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba, melaunching “Kampung Tangguh Kieraha Tahun 2021” yang digagas Polda Malut. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat (5/2) bertempat di Danau Laguna, Kelurahan Fitu, Kota Ternate.

Gubernur dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi Maluku Utara, dirinya memberi dukungan penuhnya kepada Kapolda Maluku Utara dan jajaran atas pelaksanaan kegiatan itu. Harus diakui bahwa pandemi covid-19 belum berakhir. Ini terlihat dengan meningkatnya jumlah masyarakat yang terpapar.

Begitu pula kondisi ekonomi dan keuangan global juga masih belum menentu. Jika setiap hari terus terjadi peningkatan jumlah, maka hanya ada satu kata yang patut dilakukan untuk keluar dari zona ini, yakni bersinergi. “Sinergi yang dilakukan baik pemerintah maupun masyarakat merupakan kunci bagi kita semua untuk memperkuat ketahanan bangsa dan Negara dalam menghadapi dampak pandemi ini,” ujarnya.

Sesungguhnya pandemi diharapkan sudah barakhir pada tahun 2020, sehingga roda pemerintahan dapat berjalan kembali normal. Namun faktanya, Januari hingga saat ini telah dilakukan beberapa rangkaian pencegahan, tapi justru terus bertambah jumlah pasien positif. Tak satupun dari kita yang menginginkan dampak pandemi ini terus bertambah, sehingga dibutuhkan lagi langkah-langkah baru untuk mencegah terjadinya penularan.

Selama ini, kata dia, kita telah melakukan tiga hal penting, yakni penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. “Kita juga telah diminta oleh negara untuk melakukan swab massal, bahkan melakukan vaksin. Namun tetap saja angka terus bertambah. Hari ini kita secara bersama-sama akan menyaksikan tindak lanjut dari 14 program Kaploda dan jajarannya dengan membentuk kampung tangguh,” tukasnya.

Langkah yang dilakukan Kapolda ini merupakan salah satu langkah positif yang patut didukung dengan harapan benar- benar membantu masyarakat. Pilihan 9 Polres dan 23 kelurahan/desa sebagai kampung percontohan penerapan protokol kesehatan merupakan bentuk perhatian Kapolda kepada masyarakat Maluku Utara.

Dirinya brrharap petugas yang akan melakukan tugas pada kampung tangguh Kieraha telah dibekali dengan pengetahuan yang baik, mengingat sebahagian masyarakat telah jenuh dengan penanganan pandemi. Maka dari itu prntingnha membangun kooridinasi dengan pemerintah desa dan masyarakat sasaran, sehingga tujuan dari program Kapolri dapat mencerahkan semua lapisan masyarakat.

“Semoga dengan dilaunchingnya kampung tangguh di Maluku Utara ini, diharapkan pandemi covid dapat ditekan jumlah positif dan perlahan mengembalikan kondisi kesehatan sekaligus kondisi ekonomi bangsa kita,” tandasnya.

Sementara Kapolda Maluku Utara, Irjen (Pol) Risyapudin Nursin menyampaikan bahwa kampung tangguh kieraha ini dibentuk sejalan dengan gugus tugas yang lebih mengutamakan membentuk satgas covid desa maupun di tingkat kelurahan. Kampung tangguh merupakan andalan TNI/Polri didalam mengatasi covid, yang mana launching ini adalah lomba launching kampung tangguh.

Lomba kampung tangguh ini dilakukan agar semangat masyarakat bisa lebih timbul dan bangkit lagindalam mengatasi permasalahan covid. “Sehingga kami menciptakan lomba kampung Tangguh kieraha untuk memotivasi unsur-unsur terdepan kita, yaitu Babinsa, Bhabinkamtibmas dan seluruh Kepala desa, serta Stakeholder untuk bersama-sama peduli terhadap lingkungan, kesehatan, keamanan, ekonomi dan ketahanan pangan,” terangnya.

Jenderal dua bintang ini berharap adanya kampung tangguh ini bisa memberikan dukungan dan mendapatkan suatau partisipasi dari stakeholder pemangku kepentingan, baik itu pemerintah maupun suasta dan TNI/Polri untuk memberikan semangat bagaimana mengatasi dan mencegah covid 19.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Danrem 152 Babullah Brigjen (TNI) Imam Sampurno Setiawan, Danlanal Ternate letkol Laut (P) Komaruddin, Wakapolda beserta pejabat utama Polda Malut. Wali Kota Ternate Buhan Abdurahman, Dandim 1501 Letkol Infantri R. Moch Iskandarmanto, Kapolres Ternate AKBP Aditya Laksimada, Kepala Biro Protokol Kerjasama Dan Komunikasi Publik Rahwan K Suamba. (ask/adv)

Respon (9)

  1. Hiya! I know this is kinda off topic nevertheless I’d figured I’d ask. Would you be interested in exchanging links or maybe guest writing a blog article or vice-versa? My blog addresses a lot of the same topics as yours and I believe we could greatly benefit from each other. If you might be interested feel free to send me an email. I look forward to hearing from you! Wonderful blog by the way!

  2. I simply could not leave your website prior to suggesting that I actually loved the standard info a person provide to your guests? Is going to be back regularly to check out new posts.

  3. Ping-balik: turner's outdoorsman
  4. I was very pleased to find this web-site.I wanted to thanks for your time for this wonderful read!! I definitely enjoying every little bit of it and I have you bookmarked to check out new stuff you blog post.

  5. Usually I don’t read post on blogs, but I would like to say that this write-up very forced me to try and do it! Your writing style has been amazed me. Thanks, quite nice post.

Komentar ditutup.