Kunci Pembangunan Halsel Menurut Helmi Umar Muchsin

Calon bupati Halsel, Helmi Umar Muchsin. (Istimewa)

PENA – Wilayah Halmahera Selatan (Halsel) memiliki karakteristik gugus pulau. Untuk itu, Halsel merupakan miniatur dari karakteristik wilayah Provinsi Maluku Utara (Malut). Hal itu disampaikan calon bupati Halsel, Helmi Umar Muchsin kepada Penamalut.com, Rabu (23/9).

Helmi mengatakan, salah satu kunci dalam mendorong percepatan pembangunan di Halsel adalah dengan membangun konektivitas wilayah secara memadai dan bersifat generatif, atau bersifat saling menguntungkan antar kabupaten maupun kota. Kebalikan dari pembangunan yang sejauh ini dianggap parasitif.

Penguatan konektivitas yang dimaksudkan, jelas Helmi, adalah konektivitas infrastruktur antar wilayah. Hal ini diperlukan untuk menghubungkan wilayah dan pulau-pulau guna meningkatkan aktivitas perekonomian sekaligus mengurangi ekonomi biaya tinggi.

Selain itu, dengan adanya interkoneksi wilayah dan pulau-pulau, maka upaya mengoptimalkan potensi yang dimiliki Halsel seperti pertanian dan perikanan dapat dikelola dan dimanfaatkan secara maksimal dan juga terukur.

Upaya ini dilakukan, tidak lain untuk menjawab permasalahan penting yang dihadapi masyarakat selama ini. Yakni, masyarakat yang menghadapi ekonomi biaya tinggi untuk memasarkan hasil produksinya pada satu sisi, dan pada sisi lain konektivitas yang sudah baik tapi harus diakui masih memiliki keterbatasan.

Tidak saja potensi pertanian dan perikanan, potensi pariwisata juga akan terdorong dengan baik manakala konektivitas wilayah dan pulau-pulau dapat diwujudkan secara memadai. (*)

Respon (188)

  1. It?¦s really a great and helpful piece of info. I am glad that you simply shared this helpful info with us. Please stay us up to date like this. Thanks for sharing.

  2. Ping-balik: join illuminati
  3. There are some interesting points in time in this article but I don’t know if I see all of them center to heart. There’s some validity but I’ll take maintain opinion until I look into it further. Good article , thanks and we wish extra! Added to FeedBurner as nicely

Komentar ditutup.