Potret kegiatan Legal Profession Development Partner (LPDP) : Visit Instansi Pemerintahan pada Rabu, 9 Agustus 2023 di DPRD Kota Bandung. (Ferly Arliansyah/JUMPAONLINE)
Potret kegiatan Legal Profession Development Partner (LPDP) : Visit Instansi Pemerintahan pada Rabu, 9 Agustus 2023 di DPRD Kota Bandung. (Ferly Arliansyah/JUMPAONLINE)

Kampusiana, Jumpaonline – BEM Fakultas Hukum (FH) Unpas mengadakan Legal Profession Development Partner (LPDP) dalam tajuk “Visit Instansi Pemerintahan” pada Rabu, 09 Agustus 2023 di Kejaksaan Negeri Bandung dan DPRD Kota Bandung. Acara ini mengajak mahasiswa FH untuk mengetahui gambaran profesi lembaga hukum, seperti Jaksa dan juga DPR.

Urfan, ketua pelaksana, menjelaskan, kegiatan ini diusung lantaran maraknya mahasiswa FH, khususnya angkatan 2020 yang kebingungan mengenai isu magang. Selain itu, dimuat untuk mahasiswa FH agar mengenal profesi pekerjaan setelah lulus dengan berkunjung ke instansi kehukuman.

“Mahasiswa kita banyak yang kebingungan mengenai isu magang, khususnya angkatan 2020. Selain itu, belum tahu setelah lulus akan bagaimana. Maka dari itu kita mengadakan program ini, yang di mana kita mengunjungi instansi kehukuman,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, kuota untuk mengikuti kegiatan ini di luar ekspektasi yang diperkirakan. Melihat antusias mahasiswa FH, ia berharap akan dibuka kuota lebih banyak dari sebelumnya di kegiatan mendatang.

“Kita gak memperkirakan karena udah liburan juga, banyak orang yang udah pulang kampung, paling sekitar 20 atau 30 orang. Ternyata antusiasnya sangat membludak sekali, di luar ekspektasi kita. Mungkin di acara selanjutnya kita akan buka kuota lebih banyak dari pada sekarang,” tambahnya. 

Risma, salah satu peserta, menyampaikan, ia mendapatkan pengetahuan juga pengalaman dari mengikuti kegiatan ini. Ia pun akan ikut serta jika kegiatan dapat diadakan kembali.

“Seru banget, aku bisa langsung liat dan tahu ruang-ruang yang ada di gedung DPRD, terus tugas-tugas dari DPR sama kejaksaan itu ngapain aja. Kalau ada lagi sih pengen ikut biar lebih tau instansi kehukuman mana lagi yang bisa dikunjungi. Misalkan Istana Merdeka atau ke Kejaksaan Tinggi,” jelasnya.

 

DONI SETIAWAN

Anggota Muda LPM ‘Jumpa’ Unpas

Editor: R.SABILA FAZA RIANA 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *