Komunitas Perempuan Berkebaya Ikut Menyemarakkan Festival Literasi Jakarta 2023

Jakarta-Gemilangnews.com – Ikut menyemarakkan Festival Literasi Jakarta 2023, Komunitas Perempuan Berkebaya (KPB) pada Minggu (10/9), bertempat di Taman Ismail Marzuki, Jakarta memberikan edukasi budaya kepada pengunjung.

Literasi budaya diawali dengan paparan singkat sejarah berdirinya komunitas yang telah berusia hampir sembilan tahun , serta visi dan misi-nya.

“Gerakan Berkebaya yang awalnya sederhana, telah berbuah dicanangkannya Hari Kebaya Nasional dan Kebaya Goes to UNESCO, yaitu pendaftaran kebaya sebagai warisan budaya dunia tak benda bersama empat negara anggota ASEAN lainnya,” ujar Lia Nathalia, ketua Komunitas Perempuan Berkebaya.

Selain itu sesuai dengan tema edukasi budaya yang diusung yaitu “Mix and Match Kebaya”, komunitas pegiat budaya ini juga memperkenalkan ragam kebaya, termasuk kebaya Labuh dari Sumatra dan kebaya Basiba dari Sumatra Barat.

Pengunjung juga diajak belajar cara menggunakan wastra Indonesia, baik itu Batik maupun produk tenun, yang merupakan padanan kebaya.

Diajarkan cara penggunaan kain Batik model mahapatih dan serut yang diajarkan oleh Rihaya Syukur, salah satu pengurus harian KPB.

“Dengan mengajarkan cara berkain yang mudah, kami berharap generasi muda penerus kami mau melestarikan tradisi berkain dan berkebaya,” kata Rihaya.

Sementara tutorial penggunaan kain tenun diberikan oleh Yenninof, pengurus harian KPB lainnya dengan menggunakan kain tenun dari Kabupaten Sabu Raijua, NTT.

Leterasi budaya kali ini ditutup dengan peragaan kebaya yang digunakan oleh anggota KPB yang bertujuan memberikan inspirasi padu padan kebaya dan kain yang mudah.

Festival Literasi Jakarta tahun ini dilaksanakan pada 8-12 September di Galeri Emiria Soenassa dan Galeri S. Soedjono, Taman Ismail Marzuki. Festival ini mengusung tema “Mengasah Literasi Menjalin Relasi”, yang merupakan kegiatan kolaborasi antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta, Taman Ismail Marzuki serta pendukung lainnya.

Komunitas Perempuan Berkebaya merupakan satu dari 13 komunitas yang dipilih mengikuti Festival Literasi Jakarta 2023.(*)

CopyAMP code

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

JELAJAHI

error: Content is protected !!