Cara Main Kartu One Piece Beserta Aturannya

Cara Main Kartu One Piece – Ada berita baik! Bekerja sama dengan One Piece, Bandai Namco telah meluncurkan Trading Card Game (TCG) yang pasti menarik untuk dimainkan, terutama bagi mereka yang menyukai manga ciptaan Eiichiro Oda.

Salah satu manga terkenal di dunia, One Piece memiliki banyak karakter dengan kekuatan unik yang dapat di gunakan dalam mekanisme permainan, serta faksi yang dapat di gunakan untuk menyatukan berbagai kartu. Ini membuat permainan ini ideal untuk digunakan sebagai permainan kartu trading. Sebelum Anda mulai bermain permainan kartu One Piece ini, berikut adalah beberapa aturan dan pengetahuan dasar yang harus Anda ketahui.

Cara Main Kartu One Piece

Permainan kartu One Piece ini, seperti permainan TCG lainnya, mengharuskan pemain membuat deck untuk melawan lawan. Anda dapat menggunakan Starter Deck untuk memulai dan memperkuat gameplay-mu sampai Anda siap membeli Booster Pack. Untuk kategori kartu yang ada di One Piece TCG, di bagi menjadi lima kategori, yaitu:

1. Leader Cards

Jika Anda akrab dengan format Commander dari Magic: the Gathering, maka Anda akan mudah beradaptasi dengan Game Kartu One Piece. Sesuai dengan gagasan yang sama, setiap deck membutuhkan Leader Cards, yang di tempatkan di Zone Pemimpin. Sejauh ini, banyak pimpinan seperti Monkey D. Luffy, Eustass Kid, Crocodile, Kaidou, dan Vivi dan Rebecca telah menggunakan kartu pimpinan.

Leader Cards jelas merupakan kartu terpenting di deck jika Anda seorang pemimpin. Leader Cards, yang terletak di pojok kanan bawah dan atas kartu, akan menentukan nilai hidup dan kekuatan Anda.

2. Event Cards

Event Cards memiliki fungsi yang sama seperti Kartu Magia dan Trap di Yu-Gi-Oh!, tetapi Anda tidak perlu mengeluarkannya ke arena untuk mengaktifkan efeknya. Anda harus memiliki cukup kartu DON untuk mengeluarkan kartu acara sesuai biaya yang di perlukan. Event Cards memiliki berbagai efek, dan beberapa di antaranya dapat di gunakan selama Step Aksi lawan.

Selain efek, Event Cards biasanya juga memiliki efek khusus yang di sebut Trigger, yang aktif secara otomatis ketika pemain mendapatkan Event Cards ini dari Life. Fitur ini terletak di kolom di bawah setelah penjelasan efek utama kartu.

3. Character Cards

Character Cards adalah kartu yang dapat di mainkan dengan menggunakan DON!!! Card sebagai biaya untuk mengeluarkannya. Character Cards adalah aktor utama dalam pertempuran yang mampu mengontrol permainan. Setiap Character Cards memiliki kekuatan dan efek unik yang dapat di gunakan untuk menyerang Kartu Pemimpin dan Kartu Pendukung.

Selain itu, setiap Character Cards selalu berafiliasi dengan suatu faksi. Karakter Nami adalah contohnya, seperti yang di tunjukkan di sini. Setiap Character Cards memiliki kekuatan yang di tulis di sudut kanan atas. Selain memiliki efek seperti On Play, When Attacking, dan lainnya. Hanya jika pihak penyerang memiliki kekuatan yang sama atau lebih besar dari kartu target saat menyerang, Character Cards akan hancur.

4. DON!!! Card

Dalam One Piece TCG, DON!!! Card adalah “mata uang”. Setiap pemain akan di beri hingga sepuluh DON!!! Card untuk memainkan kartu dari tangan mereka, sesuai dengan biaya yang terletak di pojok kiri atas kartu. Selain itu, DON!!! Card juga dapat di berikan kepada pemimpin atau karakter untuk memberikan 1000 Kekuatan tambahan untuk setiap DON!!! Card yang diberikan.

Pada awal permainan, pemain akan mendapatkan 1 DON!!! Card pada giliran pertama. Jumlah DON!!! Card yang di berikan kemudian bertambah 2 pada setiap giliran hingga total DON!!! Card yang di berikan per giliran mencapai 10.

Pemain yang melakukan giliran kedua juga akan mendapatkan dua DON!!! Card. Pada giliran berikutnya, mereka akan mendapatkan dua kartu DON!!! tambahan lagi, hingga total DON!!! Card yang dibagikan berjumlah 10.

5. Stage Cards

Stage Cards dapat digunakan untuk mengubah latar arena pertarungan. Ini mirip dengan Stadium dalam gim Kartu Trading Pokemon, yang dapat Anda aktifkan dengan menggunakan DON!!! Cards untuk membayar biayanya. Stage Cards memiliki efek yang mendukung Pemimpin dan Kartu Karakter Anda dengan berbagai efek.

Satu Stage Cards hanya dapat ditempatkan di lapangan sekaligus. Stage Cards ini tidak dapat diserang oleh karakter atau Pemimpin, tetapi masih dapat dihancurkan oleh efek suatu kartu, seperti kartu Event.

Aturan Main One Piece Card Game

Sebelum mempelajari strategi, pelajari cara main One Piece Card Game, yang mencakup aturan untuk memenangkan permainan berikut: Pemain dalam permainan kartu One Piece akan memenangkan pertarungan jika salah satu kondisi berikut terpenuhi:

Saat deck lawan tidak memiliki kartu Life lagi, pemain menyerang kartu pimpinan lawan.

Persyaratan Deck

Dalam permainan ini, Anda dapat menggunakan satu kartu pimpinan, sepuluh kartu DON!!!, dan lima puluh kartu yang terdiri dari kartu karakter, kartu peristiwa, dan kartu panggung dalam satu deck. Hanya diperbolehkan bagi pemain untuk memasukkan empat salinan kartu dengan nomor kartu yang sama ke dalam deck.

Arena Permainan

  • Character Area adalah tempat di mana pemain dapat memainkan kartu karakter. Pemain dapat memainkan hingga lima kartu karakter.
  • Leader Zone adalah tempat menaruh kartu pimpinan.
  • Stage Card adalah tempat menaruh kartu stage. Setiap pemain hanya dapat memainkan satu kartu stage di sini.
  • Deck: Tempat di mana pemain dapat menarik kartu.
  • Trash: Tempat di mana kartu yang telah dikalahkan atau dibuang karena efek kartu lainnya disimpan.
  • Cost Area: Tempat menaruh kartu DON!!! yang digunakan untuk mengeluarkan kartu karakter, kartu peristiwa, dan kartu panggung. DON!!! Cards: Tempat menaruh kartu DON!!!. Deck terdiri dari sepuluh kartu DON!!!
  • Life: Tempat untuk meletakkan kartu dari deck yang di gunakan untuk Life. Jumlah kartu yang di letakkan harus sesuai dengan angka Life yang ada di Leader Cards.

Turn Flow

Setiap putaran terdiri dari lima tahap yang dilakukan secara berurutan:

  • Refresh Phase: Fase ini mengatur semua kartu yang berada pada posisi Tunggu sebagai Aktiva dan mengembalikan semua DON!!! Cards yang telah digunakan sebagai biaya dan yang dilampirkan ke kartu pemimpin dan karakter.
  • Draw Phase: Fase ini adalah saatnya untuk menarik satu kartu dari deck.
  • DON!!! Phase: Letakkan dua DON!!! Cards di Area Biaya. Pemain yang mendapatkan giliran pertama hanya dapat meletakkan 1 DON!!! Cards.
  • Main Phase: Di fase ini, Anda dapat memainkan kartu Anda, seperti menyerang dengan kartu Pemimpin dan Karakter, atau mengaktifkan efek dari Kartu Peristiwa.

Active and Rested States

Card Leader dan Character di mainkan secara langsung ketika dalam keadaan Active atau aktif. Setelah melakukan hal-hal seperti menyerang, memblokir, atau mengaktifkan efeknya, kartu di putar ke samping untuk menunjukkan keadaan Rested. Dalam keadaan ini, kartu tidak dapat di gunakan selama putaran tersebut.

Perilaku yang sama juga di terapkan pada DON!!! Cards setelah di gunakan untuk mengeluarkan kartu sesuai biaya. Saat Refresh Phase, pemain dapat mengembalikan kartu yang berstatus Rested ke Active kembali dan kemudian putar ke samping lagi jika di gunakan selama putaran tersebut.

Baca Juga :

***